Wahabi-Salafi dan Syeikh al-Azhar Menentang Asyura di Mesir

0
438 views

image_galleryWarga Syiah Mesir tetap akan menggelar peringatan Asyura di masjid Ra’sul Husein as di Kairo, meski mendapat penentangan keras dari Salafi, Wahabi dan Syeikh al-Azhar.

 

FNA (23/11) melaporkan,  peringatan Asyura warga Syiah Mesir tahun lalu berujung pada tindak kekerasan setelah pasukan militer dan keamanan serta kelompok-kelompok Salafi-Wahabi. Dalam insiden tersebut, sejumlah warga Syiah ditangkap.

 

Dalam beberapa waktu terakhir masalah peringatan Asyura termasuk salah satu isu yang hangat dibahas di media massa Mesir.

 

Pemimpin kelompok Wahabi-Salafi, Syeikh Muhammad Hassan memperingatan bahwa acara Asyura akan digelar secara tertutup dan tersembunyi.

 

Kepada warga Syiah Mesir, Syeikh Hassan memperingatkan untuk tidak menggelar segala bentuk acara Asyura.

 

Di lain pihak, Muhammad al-Kurdi, Ketua Dewan Administrasi Dakwah Salafi menuntut pelarangan pelaksanaan acara Asyura di Mesir.

 

Setelah pernyataan dari kelompok Wahabi-Salafi, Syeikh al-Azhar juga merilis statemennya Kamis (22/11) dan menyatakan, “Mesir adalah tempat Ahlusunnah dan kami tidak akan menerima penistaan terhadap masjid sebagai tempat pelaksanaan peringatan hari Asyura dan di hari itu tidak boleh digelar acara yang dapat menimbulkan fitnah.”

 

Akan tetapi para tokoh dan ulama Syiah dalam pernyataan mereka menegaskan bahwa mereka tetap akan menggelar acara Asyura meski harus menghadapi segala kemungkinan. Selain itu, umat Syiah juga mengundang semua kelompok untuk menghadiri acara Asyura.(IRIB Indonesia/MZ)

NO COMMENTS