Viacheslav Matuzov: Akan Kami Beberkan Bukti Hubungan ISIS Dengan CIA

0
994 views

Rusia-Viacheslav-MatuzovMoskow, LiputanIslam.com – Pakar politik dan ahliTimur Tengah dari Rusia, Viacheslav Matuzov, memastikan adanya hubungan antara gembong teroris Negara Islam dan Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, dengan Dinas Rahasia Amerika Serikat, CIA.

Sebagaimana diberita situs Syria Now Sabtu (20/9), Matuzov yang juga mantan perwira intelijen Rusia itu mengatakan, “Elemen intelijen Rusia mendapatkan bukti-bukti bahwa Abu Bakar al-Baghdadi telah dilatih oleh CIA, dan kami akan mengungkap bukti-bukti itu pada momen yang tepat.”

Dia menambahkan bahwa teroris dan anggota al-Qaeda Abdelhakim Belhadj juga mendapatkan pelatihan melalui tahap-tahap yang sama.

Menurut Matuzov, ketika ditahan oleh pasukan AS beberapa lama Belhajd telah mendapat pelatihan yang memadai kemudian diserahkan kepada Moammar Gaddafi yang lantas memberinya amnesti, dan setelah Gaddafi terguling di tangan dialah kepempinan kelompok-kelompok takfiri dalam perang melawan pemerintahan Bashar al-Assad di Suriah.

Matuzov memastikan adanya kesamaan rekam jejak Abu Bakar al-Baghdadi dan Belhajd. Dia mengatakan sama sekali tidak keraguan mengenai hubungan erat kedua pemimpin kelompok ekstrimis bersenjata itu dengan CIA.

Matuzov juga menyatakan bahwa hubungan itulah yang menjadi sebab utama keengganan AS menyerahkan jet tempur F-16 kepada Irak. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

No tags for this post.

NO COMMENTS