Sumber Oposisi: Kerajaan Saudi akan Pecat Saud el-Faisal

0
376 views
Islam Times- Sebuah skenario yang mungkin akan dijadikan oleh Saud el-Faisal untuk mengajukan pengunduran dirin dini dalam beberapa hari mendatang, demikian tambah sumber tersebut.
Saud el-Faisal

Saud el-Faisal

Arab Saudi dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk memecat Menteri Luar Negeri Saud el-Faisal, tak lama setelah kerajaan memecat Bandar bin Sultan dari Jabatannya.

Menurut media setempat, sumber-sumber oposisi mengatakan, pemecatan Faisal merupakan langkah kedua dari perubahan posisi kunci di keluarga yang berkuasa itu.

Sebuah skenario yang mungkin akan dijadikan oleh Saud el-Faisal untuk mengajukan pengunduran diri dini dalam beberapa hari mendatang, demikian tambah sumber tersebut.

Setelah memegang posisi penting di kerajaan itu sejak tahun 1975, el-Faisal dianggap terlalu lama menjabat sebagai menteri luar negeri di dunia.

Sebelumnya, keputusan untuk memecat Faisal dilaporkan tertunda karena kurangnya calon yang cocok yang mengisi jabatan itu.

Salah satu putra Raja Saudi Abdullah digadang-gdang akan menjadi salah satu kandidat utama untuk posisi itu.

Pada tanggal 15 April, Raja Saudi memecat Direktur Intelijen Kerajaan, Bandar bin Sultan yang selama ini menangani kebijakan luar negeri kerajaan di Suriah dan menggantikannya dengan Youssef al-Idrisi.

Bandar, yang berusia 65 tahun sekaligus mantan duta besar untuk Amerika Serikat diketahui memiliki hubungan dekat dengan mantan Presiden AS George W. Bush dan kemudian dikenal sebagai Bandar Bush.

Bandar merupakan seorang yang ikut andil dalam invasi AS ke Irak pada 2003. [IT/Onh/Ass]

sumber : http://www.islamtimes.org/

NO COMMENTS