Operasi Militer Irak, 240 Teroris ISIS Setor Nyawa

0
633 views

ISIS-irak-bomBaghdad, LiputanIslam.com – Lagi-lagi komplotan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) harus menyetorkan nyawa di Irak. Dari operasi militer yang dilancarkan pasukan Irak, dikabarkan telah menewaskan total 240 orang.

Dari laporan Press TV, Kamis, 7 Agustus 2014, setidaknya 60 orang teroris ISIS tewas akibat serangan udara yang menargetkan sebuah penjara di Mosul (6/8), provinsi Neniveh. Penjara ini digunakan sebagai kawanan teroris untuk melakukan hukuman pancung bagi pihak lain yang berbeda paham dengan ideologi mereka.

Sementara itu, stasiun TV Irak al-Sumaria melaporkan dari keterangan pihak berwenang Irak, yang menyatakan bahwa 180 teroris ISIS juga tewas di utara kota, berkat serangan gabungan yang dilakukan bersama pejuang Peshmerga Kurdi.

Dengan demikian,  total 240 nyawa teroris ISIS telah melayang, diantaranya adalah seorang komandan senior, dan empat orang wakilnya.

Apa penyebab militer Irak mengalami perkembangan yang pesat akhir-akhir ini?

“Kami telah mengubah taktik kami dari menjadi defensif menjadi ofensif,” kata Jabbar Yawar, sekretaris jenderal kementerian yang bertanggung jawab atas pejuang Peshmerga Kurdi.

Hanya saja, berbagai aksi kekerasan terus mewarnai Irak. Di Baghdad, lebih dari 50 orang telah tewas dalam aksi pengeboman. Korban tewas sebanyak 47 orang  berasal dari dalam pasar yang penuh sesak, di ibukota Bahgdad yang dihuni oleh mayoritas Muslim Syiah. Seperti diketahui, aksi pengeboman seperti ini adalah ciri khas dari komplotan teroris di berbagai negara, termasuk ISIS.

Di lain lokasi, tiga Muslim Syiah yang mengajukan diri untuk menjadi relawan guna melawan komplotan teroris, juga tewas di jalan antara kota Samarra dan Mosul.

Perdana Menteri Nouri al-Maliki mengatakan bahwa Arab Saudi dan Qatar, adalah pihak yang harus bertanggung jawab atas terorisme yang berkembang di negaranya. Ia menuduh Arab Saudi dan Qatar merupakan negara pendukung terorisme global. Pasca jatuhnya Mosul ke tangan teroris ISIS, dan dideklarasikannya “Khilagah Islamiyah” banyak penduduk terpaksa harus mengungsi untuk menyelamatkan diri. (ba)

 


Mari share berita terpercaya, bukan hoax
sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS