ISIS Gunakan Kendaraan AS untuk Perangi Rival di Suriah

0
877 views
Islam Times- ISIS, sebuah kelompok sempalan jaringan Takfiri al-Qaeda yang bercita-cita mendirikan khilafah “Islam” meliputi Irak dan Suriah itu memicu pemberontakan di Irak dalam dua minggu terakhir dan mengambil alih beberapa kota utara Mosul dan jalur penyeberangan perbatasan dengan Suriah.
Humvees buatan AS ((File photo: Reuters)

Humvees buatan AS ((File photo: Reuters)

Kelompok takfiri ISIS yang juga membantai rival takfiri di Suriah utara dalam operasi pembantaian terbaru di Suriah menggunakan kendaraan militer buatan AS yang dipasok dari Irak.

ISIS, sebuah kelompok sempalan jaringan Takfiri al-Qaeda yang bercita-cita mendirikan khilafah “Islam” meliputi Irak dan Suriah itu memicu pemberontakan di Irak dalam dua minggu terakhir dan mengambil alih beberapa kota utara Mosul dan jalur penyeberangan perbatasan dengan Suriah.

Kemajuan ISIS di Irak tampaknya mendorong cabang ISIS di Suriah untuk lebih semangat melawan tentara Suriah sekaligus pemberontak rival dari Tentara Bebas Suriah (FSA) serta Front al-Nusra.

Pekan lalu, ISIS merebut jalur perbatasan Irak-Suriah dari tangan Takfiri saingan, Front al-Nusra dan FSA.

Menurut laporan dari Reuters pada Senin, 23/06/14, untuk pertama kalinya, elemen-elemen ISIS Suriah menggunakan kendaraan militer jenis Humvee buatan AS sarat dengan senjata yang digunakan dalam pertempuran di wilayah utara Provinsi Aleppo, Suriah, demikian pernyataan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia pada Ahad, 22/06/14.

Kendaraan yang dirancang khusus untuk militer itu juga digunakan dalam serangan terbaru mereka untuk mendapatkan kontrol desa-desa di luar kota Azaz, dekat perbatasan Turki, katanya.

Observatory lebih lanjut mengatakan, ISIS di Suriah sudah dipasok puluhan kendaraan jenis yang sama dari Irak untuk memerangi rivalnya.

Amerika Serikat diketahui sejak lama memasok kendaraan jenis Humvee kepada tentara Irak. Namun, pengkhianatan para perwira Irak pendukung Saddam Husain menyerahkan kendaran-kendaraan itu kepada ISIS pekan lalu.

Selama ini ISIS juga terkenal mengambil berbagai jenis peralatan militer dari pasukan Irak yang membelot termasuk kendaraan lapis baja. [IT/Onh/Ass]

sumber : http://islamtimes.org/

NO COMMENTS