Tentara dan Relawan Irak Gagalkan Upaya ISIS Kuasai Kota Dujail

0
798 views

relawan-irakBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak yang didukung pasukan-pasukan adat dan relawan lain berhasil mematahkan serangan hebat pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk menguasai kota Dujail yang berjarak 80 kilometer dari Baghdad, ibu kota Irak, Jumat (26/9). Bersamaan dengan ini dilaporkan bahwa satu komandan pasukan ISIS yang tenar dengan julukan Abu Talhah dikabarkan tewas di tangan pasukan adat Irak di Mosul.

Pusat Informasi Irak Jumat malam menyatakan bahwa dalam peristiwa di Dujail telah terjadi pertempuran sengit yang menjatuhkan beberapa korban dari kedua belah pihak. Jumlah korban tewas dan luka dari pihak pasukan dan relawan Irak sejauh ini dilaporkan mencapai delapan orang, sedangkan di pihak ISIS masih belum jelas.

Anggota Komite Keamanan Provinsi Salahuddin, Khaled al-Jassam, mengatakan bahwa operasi serangan masif ISIS untuk menguasai Dujail tertahan dan kandas oleh perlawanan sengit pasukan Irak.

Dujail merupakan lokasi strategis karena merupakan persimpangan antara Tikrit, Baghdad serta provinsi Diyala dan Provinsi Anbar. Karena itu sejak dua dua bulan lalu ISIS berusaha menguasainya namun selalu gagal.

Laporan lain dari kantor berita Irak, INA (WA’), menyebutkan bahwa satu komandan pasukan ISIS tewas di tangan pasukan adat di kota Mosul. Seorang pejabat keamanan Irak wilayah Operasi Salahuddin mengatakan, “Salah satu kelompok pasukan adat telah membunuh petinggi pasukan ISIS di Mosul yang bernama Muhib Abdullah Akrab yang tenar dengan julukan Abu Talhah.

Pejabat keamanan Irak itu menambahkan bahwa Abu Talhah terbunuh dengan “senjata tak bersuara” di kawasan Tal al-Ruman di Mosul. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS