Takut Serangan ISIS, Yordania Mengemis Dukungan Internasional

0
1,072 views

ISISAmman, LiputanIslam.com –  Khawatir dengan ancaman dari kelompok teroris ISIS, pihak Yordania minta dukungan internasional. Dilaporkan oleh Press TV, negara ini tengah ketakutan jika kekerasan di Suriah dan Irak segera singgah di Yordania. Apa kata pihak istana?

“Penting bagi masyarakat internasional untuk mendukung Yordania dalam menghadapi tantangan dan perkembangan di kawasan ini,” demikian pernyataan pihak istana yang mengutip dari RajaAbdullah II, Selasa, 1 Juli 2014.

Yordania khawatir jika serangan dari kelompok Takfiri ISIS, dan Raja Yordania juga memperingatkan bahwa krisis Irak akan berdampak bagi seluruh kawasan regional Timur Tengah.

Hanya saja, menurut laporan pejabat Yordania, anggota dari kelompok ISIS ternyata dilatih pada tahun 2012 oleh instruktur AS yang bekerja di sebuah pangkalan rahasia di Yordania, demikian dilansir WND.

Pejabat itu juga mengungkapkan, lusinan anggota  ISIS yang dilatih pada saat itu merupakan bagian dari agenda perlawanan terhadap Rezim Bashar al-Assad di Suriah.

ISIS sebelumnya memposting video di YouTube dan mengancam untuk melanjutkan aksinya di Yordania, dan  hendak melakukan “pembantaian”  pada Raja Abdullah, yang mereka nilai merupakan musuh Islam.

Akibat perang Irak, telah 2.400 jiwa melayang selama bulan Juni seperti dilansir PBB. Dari jumlah korban tewas, 1.500 adalah warga sipil. PBB juga menyatakan bahwa sekitar 2.287 warga Irak telah terluka.

Perwakilan Khusus PBB di Irak, Nickolay Mladenov, mendesak partai-partai politik di Irak untuk menggagalkan upaya-upaya untuk menghancurkan tatanan sosial masyarakat Irak.

ISIS adalah kelompok teroris Takfiri yang telah menyerbu Suriah dan Irak, dengan dukungan Arab Saudi, Amerika Serikat, Turki dan Qatar. Akibatnya, jutaan rakyat Irak dan Suriah terpaksa mengungsi dengan kondisi yang memprihatinkan. (ba)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS