Serangan Besar ISIS di Berbagai Wilayah Irak Gagal, Minimal 390 Anggotanya Tewas

0
1,119 views

pasukan-irakBaghdad, LiputanIslam.com – Hari Jumat kemarin (1/8) menjadi salah satu hari terburuk bagi kelompok ekstrimis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Mereka mencoba menggelar serangan secara besar-besaran di berbagai kawasan namun gagal dan malah banyak anggotanya yang tewas dalam pertempuran dengan tentara dan relawan Arab Irak serta pasukan Kurdi Peshmerga di sejumlah kawasan, terutama di bagian utara provinsi Babil. Dari berbagai laporan yang masuk ke lembaga pemberitaanal-Sumaria yang berbasis di Irak, terdata sekitar 390 anggota ISIS tewas, itupun tidak termasuk puluhan korban tewas dan luka lain karena beberapa laporan yang masuk tentang anggota ISIS itu tidak menyebutkan angka.

Sumber Kepolisian Provinsi Babil menyebutkan sekitar 200 anggota ISIS menemui ajalnya di kawasan Jurf al-Sakhar, 35 km utara kota Babil, ketika puluhan kelompok mereka mencoba menyerang beberapa pos pemeriksan serta posisi tentara dan polisi Irak, tepatnya di sepanjang kawasan antara Jurf al-Sakhar dan jalur ke arah distrik al-Musayyab, tetapi kemudian digempur oleh beberapa helikopter.

“Beberapa helikopter telah menemukan dan membombardir 30 titik konsentrasi ISIS hingga menewaskan sekitar 200 anggotanya,” ujar sumber tersebut.

Sumber yang sama juga menyatakan bahwa beberapa helikopter Irak berhasil menggagalkan upaya ISIS meledakkan sebuah makam mulia di wilayah utara provinsi Babil. Kawanan bersenjata itu digempur hingga jatuh 30 korban tewas di antara mereka.

Korban dalam jumlah besar anggota ISIS juga bergelimpangan di distrik Haditha di bagian barat provinsi Anbar. Kepala kepolisian setempat, Kolonel Farouk al-Jughaifi, menyatakan sekitar 100 militan tewas dan 50 lainnya cidera ketika mereka berusaha melancarkan serangan secara besar-besar terhadap pos-pos gabungan tentara dan polisi Irak melalui tiga titik, yaitu Baiji Haditha, al-Qaim Haditha dan Haqlaniya dengan mengerahkan banyak kendaraan pembawa bahan peledak dan mobil-mobil lapis baja.

Menurut Jughaifi, serangan mereka dihadang oleh tentara, polisi dan pasukan adat. Selain banyak anggota ISIS yang tewas dan luka, banyak pula kendaraan dan peralatan mereka yang hancur dan sebagian yang masih utuh disita oleh pasukan Irak. Dia menambahkan bahwa sembilan di antara korban tewas adalah warga negara Arab asing.

“Distrik ini sekarang aman dan dikuasai sepenuhnya oleh pasukan keamanan,” ujar Jughaifi sembari menyebutkan bahwa operasi penghadangan itu melibatkan pasukan Operasi al-Jazirah dan al-Badiyah serta Divisi 7 dan kepolisian setempat.

Banyaknya anggota ISIS yang tewas dan luka juga dilaporkan kepada al-Sumaria sebelumnya oleh Ketua Parlemen Provinsi Anbar, Sabah Karhut. “Mereka kabur dan meninggalkan banyak peralatan dan persenjataan mereka setelah gagal melancarkan serangan dan banyak anggota mereka yang tewas,” ungkap Karhut.

Di provinsi Salahuddin militan ISIS juga menderita banyak korban jiwa ketika mereka bermaksud melancarkan serbuan. Tanpa menyebutkan angka korban, sumber kepolisian provinsi ini mengatakan ada puluhan anggota tewas dan luka ketika mereka mencoba menyerang markas pasukan Irak dari Divisi 4 di dekat desa al-Awja, selatan Tikrit, dari beberapa arah pada Jumat sore.

Tak ketinggalan, pihak Kurdi Irak juga menyatakan berhasil merontokkan banyak anggota ISIS. Partai Demokrasi Kurdistan (KDP) pimpinan Masoud Barzani yang berkuasa di wilayah Kurdistan Irak menyatakan sebanyak 62 militan ISIS tewas di tangan pasukan Kurdi Peshmerga di kawasan sekitar Zamar di barat laut Mosul ketika mereka berusaha menguasai jalur pipa minyak yang terhubung ke Jihan, Turki.

“Gerombolan bersenjata ISIS menyerang posisi-posisi pasukan Peshmerga di dewa Tal al-Taban di wilayah administrasi Zamar di barat Mosul. Peshmerga terlibat kontak senjata dengan mereka hingga jatuh 62 korban tewas, dua di antaranya berstatus komandan, serta beberapa korban luka lainnya di pihak ISIS,” ungkap Sarbast Babiri, pejabat KDP di wilayah barat Mosul. Menurutnya, di pihak Peshmerga sendiri hanya ada satu korban tewas dan tiga korban luka. (mm)


Mari share berita terpercaya, bukan hoax
sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS