Sarang ISIS di Sekitar Mosul Digempur, 40 Tewas

0
902 views

mobil-isis-hancur-di-irakBaghdad, LiputanIslam.com – Puluhan anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dan belasan lainnya cidera akibat serangan udara yang menimpa beberapa sarang kelompok sempalan al-Qaeda tersebut di tiga kawasan dekat kota Mosul, provinsi Nineveh, Irak utara.

“Serangan udara sengit pagi hari tadi telah menerjang area pertanian di kawasan Hamam al-Alil (35 km selatan Mosul), kawasan Bartela (20 km timur Mosul) dan Baashiqah (25 km utara Mosul), mengakibatkan 40 kawanan bersenjata ISIS tewas dan 11 lainnya luka-luka,” ungkap sebuah sumber di provinsi tersebut kepada al-Sumaria, Kamis (18/9).

Sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu menambahkan bahwa serangan udara itu sangat cermat dan akurat terhadap tempat-tempat konsentrasi ISIS karena dilancarkan berdasarkan informasi intelijen.
Laporan terbaru dari al-Sumaria menyebutkan bahwa pasukan keamanan Irak berhasil menggagalkan upaya teroris menyerang Penjara al-Adalah di kota Kadhimiyah di utara Baghdad, namun terjadi ledakan beberapa bom mobil dan peluru mortir yang menjatuhkan delapan korban jiwa dan 60 korban luka.

Laporan lain dari Associated Press (AP) menyebutkan bahwa di hari yang sama telah terjadi beberapa serangan teror di dalam dan di sekitar kota Baghdad, mengakibatkan 12 orang tewas. Menurut AP, pihak kepolisian Irak mengatakan bahwa serangan yang paling banyak menjatuhkan korban di antaranya, yaitu empat korban jiwa dan 10 korban luka, ialah berupa ledakan bom yang terjadi di sebuah jalan di lokasi perdagangan di kawasan Tubachi.

Sementara itu, situs berita Irak al-Bawaba News melaporkan bahwa penasehat Kedutaan Besar Irak untuk Mesir membantah berita-berita bahwa di Irak terdapat tentara Republik Islam Iran yang ikut menumpas ISIS. Pejabat Irak yang tak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa pemerintah Irak belum pernah mengajukan permintaan pendatangan tentara Iran untuk membantu penumpasan ISIS.

“Pemerintah Irak hanya meminta bantuan penasehat militer dari berbagai negara,” katanya. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS