Rencana Koalisi Global Melawan ISIS di Irak dan Suriah

0
309 views

John Kerry Menyerukan Agenda Koalisi Global Melawan ISIS

Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Jumat lalu menyerukan sebuah koalisi Negara-negara global untuk memerangi ‘agenda genosida’ oleh kelompok militan ISIS di Suriah dan Irak Utara.

Seminggu menjelang pertemuan puncak NATO di Wales yang akan mengumpulkan para pemimpin dari berbagai negara-negara Barat, john Kerry menganjurkan “sebuah kesatuan respon yang dipimpin olehAmerika Serikat dan kemungkinan koalisi negara-negara secara luas, seperti diberitakan dalam sebuah edisi yang diterbitkan di New York Times dan Al Arabiya News.

 

isis

“Tujuannya adalah untuk meminta bantuan seluas-luasnya,” tulisnya.

Diplomat tertinggi AS mengatakan bahwa ia dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel akan “bertemu dengan rekan-rekan dari sekutu Eropa kami,” katanya di sela-sela KTT NATO.

Presiden AS Barack Obama telah mengatakan bahwa ia masih mengembangkan rencana komprehensif untuk mengalahkan ISIS, yang telah mengambil sebagian besar wilayah Irak dan Suriah di bawah kendali mereka, serta mendeklarasikan ‘kekhalifahan’ ISIS dan melakukan serangkaian kekejaman.

Dalam tulisan kolomnya, John Kerry mengatakan bahwa Obama akan mengajukan rencana untuk berurusan dengan ISIS pada pertemuan puncak Dewan Keamanan PBB yang dijadwalkan pada bulan September, ketika AS berkesempatan memegang kepresidenan kelompok secara bergilir.

“Kami akan menggunakan kesempatan itu untuk terus membangun koalisi yang luas dan menyoroti bahaya yang ditimbulkan oleh pejuang teroris asing, termasuk mereka yang telah bergabung denganISIS,” kata Kerry, yang menggunakan singkatan alternatif untuk kelompok militan tersebut.

“Apa yang dibutuhkan untuk menghadapi visi nihilistik dan agenda genosida adalah sebuah koalisi global menggunakan alat politik, kemanusiaan, ekonomi, penegakan hukum, dan intelijen untuk mendukung kekuatan militer,” tambahnya.

Setelah pertemuan puncak NATO, ia mengatakan bahwa ia dan Hagel akan melakukan perjalanan keTimur Tengah untuk membangun dukungan “di antara negara-negara yang paling terancam secara langsung.”

“Kanker ISIS tidak akan diizinkan untuk menyebar ke negara-negara lain. Dunia dapat menghadapi bencana ini, dan pada akhirnya akan mengalahkannya,” tambah John Kerry.

KTT NATO di Wales akan berlangsung 4-5 September 2014

 

sumber : http://www.islam-institute.com/

NO COMMENTS