REKTOR AL-AZHAR TOLAK WAHABI

0
1,030 views

Rektor Al-Azhar Tolak Wahabi | Islam di Atas Mazhab – http://ejajufri.wordpress.com/2010/06/22/rektor-al-azhar-tolak-proposal-wahabi/?relatedposts_exclude=617

grand-mufti-al-azhar-ahmad-tayeb-_110324173300-326REKTOR AL-AZHAR TOLAK WAHABI

22 JUNE, 2010ALI REZA –
Rektor Al-Azhar Mesir menolak mentah-mentah proposal anti-Syiah yang dilayangkan seorang mufti salafi Wahabi Saudi yang meminta supaya Al-Azhar tidak menerima dan mengakui Syiah sebagai mazhab resmi.
Beliau menegaskan bahwa selama sepanjang sejarah Al-Azhar selalu menjadi lokomotif yang mendukung gerakan yang mengarah pada pendekatan dan persatuan antar pelbagai mazhab Islam.

Menurut Kantor Berita ABNA, Dr. Syekh Ahmad At-Thoyyib, rektor Universitas Al-Azhar menolak tegas permintaan sebagian ulama salafi Saudi dan beliau menyatakan:
?Mazhab Syiah Itsna Atsyariyah merupakan salah satu mazhab besar Islam sejak dahulu kala dan para pengikut mazhab ini mendapat penghormatan di sisi Al-Azhar sebagaimana para pengikut mazhab Islam lainnya di dunia.?

Beliau juga menegaskan:
?Selama 14 abad dari usia Islam, Syiah dan ahlusunah telah menjadi dua sayap Islam dan tidak pernah terjadi peperangan di antara mereka, namun konflik yang terjadi karena semata-mata adanya usaha untuk memperlemah kaum muslim melalui senjata perang mazhab.?

Beliau mengisyaratkan bahwa Syiah dan ahlusunah dalam masalah usuluddin (prinsip-prinsip agama) memiliki banyak persamaan dan ditambahkannya bahwa masalah pendekatan antara mazhab-mazhab Islam merupakan skala prioritas bagi Al-Azhar.
Syeikh Al Azhar ini juga menekankan bahwa sepanjang sejarah Al-Azhar selalu menjadi lokomotif yang bergerak ke arah pendekatan antara pelbagai mazhab Islam dan beliau menegaskan: ?Syekh Mahmud Syaltut, mantan Mufti Al-Azhar dan Taqiyuddin Qummi, salah satu marjak Syiah telah menegaskan pentingnya persatuan di antara kaum muslim sejak mereka membidani berdirinya Darut Taqrib dan Al-Azhar pun memiliki pandangan yang sama.

?Perlu disebutkan bahwa Ahmad bin Saad bin Hamdan Al-Hamdan Al-Ghamidi, salah satu Guru Universitas Ummul Qura di Mekkah Al-Mukarramah mengkritik keras diresmikannya Syiah dan diperbolehkannya berpegangan dengannya sebagaimana mazhab Islam lainnya di Yayasan Al-Azhar dan dia meminta supaya Syiah tidak diterima sebagai mazhab Islam yang resmi.

NO COMMENTS