Ratusan Lagi Militan ISIS Tewas, al-Baghdadi Kabur Dari Tikrit Menuju Mosul

0
471 views

Iraq-RamadiBaghdad, LiputanIslam.com – Abu Bakar al-Baghdadi, sosok yang diumumkan militan takfiri Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) sebagai khalifah bagi “Daulat Islam” (nama baru ISIS) dilaporkan telah kabur dari kota Tikrit, provinsi Salahuddin, ke kota Mosul.

Menurut Rai al-Youm, sebuah sumber keamanan Irak yang enggan disebutkan identitasnya Rabu (2/6/2014) mengatakan kepada kantor berita Anadolu bahwa Baghdadi kabur setelah pasukan khusus Irak menyerbu Tikrit untuk merebut kota inidari tangan militan bersenjata yang menguasainya sejak dua pekan silam. Dia bersama anak buahnya bergerak ke Mosul untuk mencari lokasi yang aman dan tersembunyi dari pasukan Irak.

Mengenai hasil serangan pasukan Irak ke komplek Universitas Tikrit yang akhirnya berhasil direbut pasukan khusus Irak dari tangan militan, otoritas militer Irak menyatakan bahwa ratusan militan ISIS dan kelompok-kelompok lain pendukungnya tewas di komplek tersebut akibat serangan sengit pasukan khusus Irak selama beberapa hari.

Sementara itu, reporter al-Alam melaporkan bahwa militan ISIS porak poranda dan menderita banyak kerugian jiwa dan materi akibat serangan udara pasukan Irak di berbagai lokasi, sementara pasukan darat terus bergerak maju menuju sebuah desa perbatasan antara provinsi Salahuddin dan Diyala untuk mencapai wilayah selatan provinsi Kirkuk.

Para saksi mata mengatakan kepada al-Alam bahwa kawanana militan ISIS telah mengubur sekira 30 rekannya yang tewas akibat serangan udara pasukan Irak terhadap posisi-posisi mereka di sekitar distrik Tuz Khormato dan Lembah Hamarain di provinsi Salahuddin.

Dilaporkan pula bahwa di lembah itu juga telah terjadi pertempuran antara ISIS dan kelompok militan Naqsyabandiah yang semula ikut mendukung ISIS, mengakibatkan jatuhnya banyak korban tewas dari kedua belah pihak.

Di Mosul, serangan pasukan darat Irak yang didukung angkatan udara terus menekan ISIS di beberapa lokasi. TV al-Iraqia melaporkan bahwa pasukan Irak Rabu (2/7/2014) telah menggempur posisi-posisi militan di bagian Barat Mosul mengakibatkan lebih dari 50 militan ISIS tewas.

Laporan terbaru dari al-Sumaria menyebutkan bahwa Mayjen Qassim Atta, Juru Bicara Komando Umum Militer Irak, Rabu (2/7/2014) mengatakan bahwa pasukan Irak dari satuan Operasi Anbar berhasil menghabisi 24 anggota ISIS dan melukai 11 rekan mereka di wilayah selatan Tharthar. Menurutnya, beberapa di antara puluhan militan yang tewas itu adalah komandan militan asal Arab Saudi yang memiliki julukan Abu Nu’man dan sejumlah anak buahnya. Selain itu dua militan juga tewas di wilayah al-Taamim.

Dia juga menyatakan satuan pasukan Operasi Dajlah di provinsi Diyala telah menggempur posisi-posisi ISIS di kawasan al-Adim, mengakibat sekitar 60 anggota ISIS tewas dan menghancurkan sejumlah kendaraan mereka di desa Shirwai.
Dia menambahkan bahwa satuan pasukan Operasi Samarra juga berhasil membunuh empat militan, menangkap 16 rekan mereka, dan menyita persenjataan mereka di dua kawasan al-Rakkah dan Maijal. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS