PEMBUNUHAN ULAMA ASWAJA DI IRAN (UPAYA ADU DOMBA ASWAJA & SYI’AH)

0
743 views
ulama-sunni-di-iran-di-bunuh
Laporan yang diliris Jumat (18/5/12) itu itu menyebutkan bahwa dua orang yang ditangkap karena dicurigai terlibat dalam pembunuhan ulama itu mengaku menerima sejumlah dana dari Wahabi Saudi.
Sebuah laporan mengatakan kalangan Wahabi di Arab Saudi menyediaka dana sekitar USD 500.000 untuk membunuh seorang ulama Sunni Iran, Molavi Jangi Zehi, di Propinsi Sistan Baluchestan di awal tahun ini.Laporan yang diliris Jumat (18/5/12) itu itu menyebutkan bahwa dua orang yang ditangkap karena dicurigai terlibat dalam pembunuhan ulama itu mengaku menerima sejumlah dana dari Wahabi Saudi.Jangi Zehi mengimami Shalat Jum’at pada tanggal 20 Januari 2012 di kota Rask. Dalam perjalanan pulang, dia dibunuh oleh sekelompok teroris.Dalam dua tahun terakhir ini, ulama Iran itu selalu menyatakan bahwa mengungkapkan kejahatan Riyadh dan rezim Manama adalah kewajiban para ulama Sunni di Iran.Jangi Zehi termasuk ulama yang memperhatikan persatuan Syiah dan Sunni. Dia percaya bahwa persatuan tersebut akan terus ada di Sistan Baluchestan jika rakyat mengikuti petunjuk Pemimpin Revolusi Islam, Ayatollah Sayyed Ali Khamenei.Mengingat upaya Jangi Zehi mendorong penduduk Sunni di provinsi itu untukmengikuti pemilu, para pengamat mengatakan tujuan pembunuhan tersebut adalah mencegah pasrtisipasi kaum Muslim Sunni di sana.

Pada tanggal 11 April lalu, Departemen Intelijen Iran mengumumkan bahwa mereka berhasil mengindentifikasi dan menangkap 15 teroris yang berada di balik pembunuhan Jangi Zehi.

Data-data yang diperoleh Kementerian itu menunjukkan bahwa kelompok teroris Mujahidin Khalq Organization (MKO) terlibat dalam serangan itu. Sementara bukti lainnya menunjukkan keterlibatan Wahabi.

Departemen Intelijen Iran itu menambahkan bahwa beberapa negara di kawasan mendanai serangan tersebut.

http://www.thenewstribe.com/2012/05/20/six-arrested-over-assassinating-sunni-cleric-jangi-zehi-in-iran/#.UE_8f65YCfE

No tags for this post.

NO COMMENTS