Pejabat Yaman: ISIS dan al-Qaeda Bersaing di Yaman

0
606 views
ISIS (al-Alam). Islam Times - Seorang pejabat Yaman mengatakan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini tengah bersaing dengan al-Qaeda di negara itu.
ISIS (al-Alam).   Islam Times - Seorang pejabat Yaman mengatakan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini tengah bersaing dengan al-Qaeda di negara itu.
ISIS (al-Alam).
Islam Times – Seorang pejabat Yaman mengatakan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini tengah bersaing dengan al-Qaeda di negara itu.

Pejabat itu mengatakan indikator persaingan itu adalah bentrokan antara kedua kelompok itu bulan lalu di Yaman, meski dia tak menyebut berapa jumlah korban.

Seperti dikutip CNN kemarin (21/1), beberapa pejabat Amerika menilai ISIS memang tengah mencoba merekrut di Yaman. Tapi pejabat kontra-teror menekankan al-Qaeda masih dominan di sana dan hanya ada segelintir loyalis ISIS di antara para ekstremis Yaman; sekedar simpati pada ISIS tanpa merasa perlu meninggalkan barisan.

Pejabat Yaman itu melanjutkan ISIS bisa merayu simpatisan itu untuk berjaung bersmama ISIS dengan iming-iming biaya operasi yang lebih baik dari al-Qaeda.

Keuangan ISIS sebagai sebuah kelompok teroris memang cukup besar. ISIS memperoleh dana dari ekspor minyak curian, uang tebusan, kegiatan kriminal dan donor asing.

Informasi mengenai keberadaan ISIS di Yaman muncul seiring memanasnya situasi Yaman, salah satu sekutu kunci Amerika di Timur Tengah.

Pejabat Yaman itu menambahkan kegiatan utama al-Qaeda di Yaman saat ini adalah membunuh pejuang Houtsi, pemerintah dan pejabat militer Yaman.

Namun pejabat dan analis AS khawatir kompetisi AQAP dan ISIS di Yaman bisa membahayakan Amerika. “Ini bisa memisu serangan terhadap kedutaan besar AS di Sa’ana yang sudah rentan,” kata Zimmerman. [IT/Atn]

 

Sumber : Islam Times

NO COMMENTS