PBB: ISIS Perintahkan Semua Perempuan Disunat

0
1,011 views

ISIS-daishArbil, LiputanIslam.com – Kawanan ekstrimis Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS) kembali bertindak memalukan terhadap kaum perempuan. Sebagaimana dilansir oleh berbagai media, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa kelompok sempalan jaringan teroris transnasional al-Qaeda ini telah mengeluarkan “fatwa” yang memerintahkan supaya semua anak gadis dan kaum perempuan di wilayah kekuasannya di Irak utara disunat.

Kordinator PBB Urusan Kemanusiaan di Irak Dr. Jacqueline Badcock menyatakan prihatin terhadap instruksi ISIS atas nama agama tersebut. Menurutnya, fatwa itu diberlakukan untuk semua perempuan yang berusia antara 11 sampai 46 tahun.

“Ini adalah sesuatu yang sangat baru bagi Irak, terutama di daerah ini, dan harus menjadi perhatianserius,” ujar Badcock kepada wartawan di Genewa melalui videolink dari Arbil, Iraq, Kamis (24/7).

Menurut al-Alam, dia mengaku tidak memiliki data akurat mengenai jumlah perempuan yang terdampak oleh perintah ISIS tersebut. Namun, berdasar data dari Dana PBB untuk Penduduk, dia menyebutkan ada sekitar 4 juta anak gadis dan perempuan yang berpotensi terdampak.

“Ini bukan kehendak rakyat Irak, atau perempuan Irak di daerah-daerah rawan yang terjangkau oleh teroris,” imbuhnya.

Sunat perempuan bukanlah tradisi di Irak kecuali di daerah-daerah terpencil. Fatwa ISIS ini telah mengundang banyak kecaman di media sosial dunia Arab. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS