Lagi, 67 Nyawa Teroris ISIS Melayang Diganyang Pasukan Irak

0
574 views

Iraqi Checkpoint StationBaghdad, LiputanIslam.com – Sedikitnya 67 teroris anggota kelompok radikal takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) akibat berlanjutnya operasi penumpasan ISIS oleh tentara dan polisi Irak di beberapa provinsi negara ini. Bersamaan dengan ini 11 orang tewas dan beberapa lainnya cidera akibat ledakan bom mobil di dua lokasi.

Berbagai sumber pemberitaan Irak yang dikutip kantor berita Iran, IRNA, menyatakan 26 teroris, satu di antaranya berstatus komandan ISIS, tewas diterjang serangan udara pasukan Irak di wilayah selatan provinsi Salahuddin Rabu kemarin (17/9).

Beberapa sumber menyebutkan bahwa serangan itu menimpa sebuah tempat yang dijadikan markas oleh ISIS di bandara dan sebuah pabrik di kota kecil Dhuluiya, 170 kilometer utara Baghdad. Selain puluhan anggota ISIS tewas, enam kendaraan pengangkut peralatan perang mereka juga hancur.

Adapun komandan ISIS tewas diketahui bernama Nasir Abd Bakar al-Tikriti alian Nasir al-Amunah. Disebutkan bahwa komandan ISIS asal Tikrit, Irak, inilah merupakan salah satu otak sekaligus pelaku pembunuhan massal terhadap 1,700 tentara dan mahasiswa Irak di pangkalan militer Spiecher pada bulan Juni lalu.

Laporan lain dari kantor berita Suriah, SANA, Rabu kemarin menyatakan sedikitnya 16 teroris ISIS juga tewas dan lima kendaraan mereka hancur akibat serangan tentara Irak dan pasukan penjaga keamanan kilang minyak Baiji terhadap beberapa posisi ISIS di sekitar kilang tersebut Selasa lalu (16/9).

SANA juga melaporkan bahwa pasukan Irak di provinsi Nineveh di bagian utara Irak dan provinsi Diyala di bagian timur berhasil membebaskan beberapa desa serta membunuh sedikitnya 25 anggota ISIS.

Sementara itu, al-Baghdadiya News melaporkan empat warga tewas dan tujuh lainnya, tiga di antaranya perempuan, cidera akibat ledakan mobil di sebuah pasar di kota Miqdadiya di timur laut kota Baquba Rabu malam kemarin.

Laporan lain dari al-Mayadeen memberitakan bahwa di hari yang sama ledakan bom mobil juga terjadi di sebuah jembatan di kawasan Albu Faraj di utara Ramadi, mengakibatkan tujuh orang tewas dan lima lainnya cidera. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS