Kapolri: Enam WNI Anggota ISIS Tewas di Syria

0
578 views

“Katanya mati syahid, tapi kalau saya, jelas mati sangit.”

262822_video-isis_663_382VIVAnews – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Sutaraman memastikan puluhan warga negara Indonesia telah bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Beberapa di antaranya telah tewas dalam pertempuran.

“Enam orang diketahui mati di Syria. Katanya mati syahid, tapi kalau saya, jelas mati sangit,” ujar Sutarman dalam Rakornas Kabinet Kerja yang dihadiri para gubernur seluruh Indonesia di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa 4 November 2014.

Sutarman mengatakan Polri terus melakukan pemantauan WNI yang keluar dan bergabung dengan kelompok radikal itu. Hingga hari ini, Polri mengidentifikasi ada puluhan WNI yang masuk ke wilayah konflik di Syria.

Sutarman mengaku tidak habis pikir terhadap para WNI yang memilih bergabung dengan ISIS. Baginya, apa yang dipelajari WNI dengan kelompok ISIS justru menjadi ancaman.

“Saya tahu ada 97 orang Indonesia berangkat ke Syria, belajar bom tapi untuk mengebom Indonesia, itu kan gendeng,” kata Sutarman.

Meski mengetahui WNI yang bergabung dengan ISIS, Sutaraman tidak bersedia menyebutkan identitas mereka. “Ada 10 orang yang sudah kembali ke Indonesia,” ujar Sutarman.

Sumber : viva.co.id

NO COMMENTS