Jumlah Petempur ISIS Asal Eropa Meningkat

0
555 views

isis-fighters3Brussel, LiputanIslam.com – Kordinator Kontra Terorisme Uni Eropa, Gilles de Kerchobe, menyatakan jumlah warga asal negara-negara Eropa yang menjadi anggota organisasi teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terus meningkat.

Dalam wawancara eksklusif dengan AFP dengan Brussel, ibu kota Belgia, Selasa (23/9) dia memperkirakan bahwa hanya dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini jumlah tersebut meningkat dari 2,000 menjadi 3,000 orang.

“Perkiraan saya sendiri ada sekitar 3,000 orang,” katanya ketika ditanya seberapa banyak warga Eropa yang mengalir ke Irak dan Suriah menjadi anggota ISIS.

Menurutnya, peningkatan itu terjadi menyusul deklarasi kekhalifahan oleh ISIS pada bulan Juni lalu di awal bulan Ramadhan.

“Aliran itu belum mengering, dan bisa jadi proklamasi kekhalifahan memiliki beberapa dampak,” ujarnya.

Dia menyebutkan para petempur ISIS asal Eropa itu mengalir terutama dari Perancis, Inggris, Jerman, Belgia, Belanda, Swedia dan Denmark, dan sebagian kecil juga berdatangan dari Spanyol, Italia dan belakangan ini juga dari Austria.

“Bahkan negara seperti Austria saya kira sekarang juga memiliki petempur asing, hal yang tidak saya sadari sebelumnya,” tutur Kerchobe.

Pernyataan itu dia kemukakan beberapa jam setelah Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Arab sekutunya melancarkan serangan terhadap ISIS di Suriah.

Kerchobe mengaku dalam beberapa pekan mendatang akan mengevaluasi data-data miliknya dengan para pemimpin badan-badan intelijen negara-negara Eropa. Dia mengatakan bisa jadi para pejabat intelijen itu akan mengumumkan data yang lebih akurat. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS