ISIS Ledakkan Makam Cucu Umar bin Khattab ra di Mosul

0
653 views

ISIS-daishBaghdad, LiputanIslam.com – Kelompok militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah meledakkan tempat yang diyakini sebagai makam cucu khalifah Umar bin Khattab ra yang bernamaAbdullah bin Asim bin Umar bin Khattab ra.

Lembaga pemberitaan al-Sumaria yang berbasis di Irak Jumat (4/7/2014) melaporkan bahwa bangunan makam tokoh tabi’in itu terletak di kawasan Makhmur, 85 kilometer tenggara kota Mosul, provinsi Ninawa, Irak, dan sekarang sudah luluh lantak dan rata dengan tanah akibat diledakkan oleh ISIS dengan menggunakan beberapa bom rakitan.

Aksi mereka meledakkan bangunan makam itu juga menyebabkan beberapa warga menderita luka-luka.

Beberapa waktu lalu kelompok ekstrimis takfiri Salafi/Wahabi itu juga telah menghancurkan dan bahkan dikabarkan juga telah menggali makam Nabi Yunus as. Kepala Dewan Pelestarian Cagar Budaya Irak, Um al-Rubain Zahir al-Chalbi, mengaku memperoleh informasi yang cukup kuat bahwa ISIS telah melakukan penggalian makam Nabi Yunus as.

Pejabat Irak itu mengatakan bahwa setelah menghancurkan makam Nabi Yunus as dan Nabi Danial as pada 16 Juni lalu kawanan ekstrimis bersenjata itu juga menyandera juru kunci dan para pengurus kedua makam tersebut.

Selain itu, setelah menguasai Mosul, mereka juga melukai perasaan umat Kristiani dengan menghancurkan patung Bunda Maria yang ada di depan sebuah gereja.

Seperti diketahui, kaum Salafi/Wahabi meyakini ziarah kubur sebagai perbuatan bid’ah dan berbau syirik sehingga harus diperangi. Karena itu, ekstrimis aliran ini tak segan-segan menghancurkan makam-makam tokoh Islam yang menjadi tempat ziarah umat Islam, baik Syiah maupun Ahlussunnah. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS