ISIS Kuasai 21 Desa Kurdi Suriah, Korban Jiwa Berjatuhan

0
659 views

داعش ترتكب مجازر بحق المدنيين الاكراد في عين عرب السوريةDamaskus, LiputanIslam.com – Kelompok terorisNegara Islam Irak dan Suriah dilaporkan telah menguasai 21 desa Kurdi di sekitar kota Ain al-Arab, provinsi Aleppo, di bagian utara Suriah dekat perbatasan negara ini dengan Turki.

Sebagaimana dilansir Alalam Jumat (19/9) Lembaga Pengawas HAM Suriah menyatakan puluhan desa itu dikuasai ISIS setelah terjadi pertempuran sengit kelompok buas sempalan al-Qaeda ini dengan pasukan Kurdi dari kelompok Unit Perlindungan Rakyat (YPG). Dalam pertempuran itu ISIS mengguanakan senjata-senjata berat, termasuk tank dan mortir, sementara YPG terdesak dan meminta bantuan pasukan bantuan untuk menahan gerak maju ISIS ke kawasan utara Suriah.

LSM yang dekat dengan kubu oposisi Suriah itu melaporkan pertempuran itu telah menjatuhkan banyak korban jiwa di pihak sipil dan YPG, dan warga yang selamat berbondong-bondong mengungsi di kawasan sekitar di tengah ketakutan akan terjadinya pembantaian massal.

SIS yang haus ekspansi mengepung Ain al-Arab (penduduk Kurdi menyebutnya Kobane) dan mengancam akan memasuki kota yang dikendalikan oleh YPG sejak 2012 itu kapanpun mereka menghendakinya. Ancaman ini membuat YPG meminta kepada Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan partai-partai Kurdi lainnya supaya mengirim pasukan bantuan untuk menahan serangan dan menggagalkan ancaman ISIS.

Sementara itu, Koalisi Nasional Suriah yang berada di pengasingan dalam statemennya Kamis kemarin mengingatkan ancaman terjadinya pembunuhan massal di kota yang dihuni oleh penduduk etnis Kurdi, Arab, Turkmen and Armenian tersebut.

Sebagaimana dilansir Global Post, Koalisi Nasional Suriah menyerukan kepada masyarakatinternasional supaya menempuh “prosedur urgen” untuk melindungi warga sipil dari dampak kemajuan pesat ISIS di kawasan sekitar Ain al-Arab.

Menurut Global Post, pertempuran di sekitar kota itu berkobar tiga hari setelah milisi YPG berhasil merebut kembali beberapa desa di bagian utara provinsi al-Qamshili dari tangan ISIS.

Penduduk suku Kurdi diperkirakan menempati 15 persen dari total jumlah 23 juta penduduk di Suriah. Mereka sebagian besar tinggal di wilayah utara Suriah yang memang dilanda perang. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS