ISIL Lancarkan “Tahap Kedua” Penghancuran Makam Sahabat Uwais al-Qarni

0
1,114 views

"داعش" تستكمل هدم مقام الصحابي اويسDamaskus, LiputanIslam.com – Kelompok ekstrimis Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) dilaporkan kembali beraksi untuk menghancurkan secara total makam sahabat nabi terkemuka Uwais al-Qarni ra di kota Raqqah di wilayah utara Suriah.

Menurut laporan TV al-Alam, lembaga Pengawas HAM Suriah dalam siaran persnya yang diterima kantor berita Jerman, DPA, Kamis (15/5/2014) menyebutkan bahwa di kota itu terdengar ledakan-ledakan bom yang diyakini berasal dari aksi para elemen ISIL untuk meluluh lantakkan makam sahabat Uwais al-Qarni ra.

30 April lalu ISIL mengumumkan melalui corong-corong masjid kepada penduduk setempat supaya membuka jendela dan tempat-tempat tertutup karena mereka akan melancarkan aksi tahap kedua untuk meledakkan bagian bangunan yang tersisa di komplek makam sahabat Uwais al-Qarni, setelah sebelumnya mereka menghancurkan bagian lain bangunan makam itu pada 26 Maret lalu.

Sementara itu, reporter TV al-Alam di Suriah melaporkan tewasnya seorang pria yang diduga sebagai Mohammad Taufik al-Musalama, komandan Brigade al-Fursan yang bernaung di bawah milisi Pasukan Kebebasan Suriah (FSA), di tangan pasukan pemerintah Suriah (SAA).

Dilaporkan pula bahwa SAA berhasil menggagalkan upaya kawanan bersenjata untuk menyerbu pangkalan militer SAA di kawasan sekitar kota kecil Nawa, provinsi Daraa. Dalam peristiwa itu SAA juga berhasil menghancurkan sebuah mobil yang membawa 10 militan bersenjata, mengakibatkan beberapa di antara mereka tewas, dan sebagian lainnya cidera.

Di bagian lain, sumber militer Suriah menyatakan pihaknya telah menghancurkan sebuah kendaraan tempur militan beserta orang-orang yang ada di dalamnya saat bergerak di sebuah lokasi antara al-Sabil dan al-Adwan di bagian barat provinsi Daraa. Tentara Suriah juga menggempur beberapa sarang militan di distrik al-Jizah, distrik Basri al-Shams dan distrik Maaraba, mengakibatkan beberapa militan tewas dan sebagian lain luka-luka.

Di provinsi Homs, beberapa militan juga tewas dan cidera ketika upaya mereka untuk menguasai desa Mehan berhasil digagalkan oleh SAA.
Di Aleppo, SAA menggempur beberapa kelompok bersenjata mengakibatkan sejumlah militan tewas dan luka-luka serta menimpakan banyak kerugian materi pada mereka.

Beberapa daerah lain juga terus diwarnai pertempuran antara SAA dan berbagai kelompok militan. Dilaporkan bahwa SAA di berbagai tempat itu juga terus menekan kelompok militan hingga banyak militan bergelimpangan tanpa nyawa di tangan SAA. (mm/alalam)
angan tanpa nyawa di tangan SAA. (mm/alalam)

 

sumber : http://liputanislam.com

NO COMMENTS