Hillary Clinton: Kegagalan Obama di Suriah Sebabkan Kemunculan Ekstrimis

0
320 views

hillary-clintonWashington, LiputanIslam.com – Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton menyatakan bahwa kelompok-kelompok teroris di Irak dan Suriah muncul akibat kegagalan AS di era kepresidenan Barack Obama.

“Kegagalan membangun pasukan tempur rakyat yang kredibel dan merupakan pelopor protes anti Assad – termasuk di dalamnya kalangan Islamis, sekularis, dan lain-lain – telah menyebabkan adanya kevakuman yang kemudian diisi oleh para jihadis,” ungkap Clinton dalam wawancara dengan The Atlantic yang dimuat pada Ahad (10/8).

Hillary Clinton yang menjabat Menlu AS di awal masa kepresidenan Obama adalah salah satu pejabat AS yang mendukung suplai senjata kepada para pemberontak Suriah, namun dalam hal inipun dia sendiri ternyata juga gagal.

Dalam wawancara yang dilakukan sebelum Obama Kamis lalu (7/8) mengambil keputusan untuk melancarkan serangan udara terbatas terhadap pasukan kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tersebut Clinton menilai Obama telah kehilangan strategi yang jelas dalam menghadapi ancaman kelompok-kelompok radikal dan teroris.

Dia lantas mengingatkan bahwa AS harus memiliki strategi yang “menyeluruh” dalam menghadapi radikalisme sebagaimana ketika AS dulu terlibat konflik berkepanjangan dengan komunisme di bawah komando Uni Soviet.

Hillary Clinton mengaku risau terhadap radikalisme karena dampaknya dapat menjalar ke Eropa dan AS.

“Salah satu alasan mengapa saya merasa khawatir terhadap apa yang terjadi di Timur Tengah sekarang ialah karena adanya potensi dampak para pelarian kelompok-kelompok jihadis terhadap Eropa, sebagaimana juga terhadap AS,” tuturnya. (mm)


Mari share berita terpercaya, bukan hoax
sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS