Fatwa Bin Baz Tentang Maulid Nabi SAW

35
23,791 views

Fatwa Bin Baz tentang ketidak bolehannya merayakan hari kelahiran (maulid) Rasulullah SAW
Bin Baz yang merupakan salah seorang ulama besar (mufti a’zam) Arab Saudi mengeluarkan sebuah
fatwa bahwa: perayaan hari kelahiran Rasulullah Saw (maulid nabi) itu tidak boleh dan terlarang,
karena amalan semacam ini tidak pernah dilaksanakan oleh Rasulullah Saw, Khulafaurrasyidin,
Sahabat-sahabatnya dan Tabi’in. Oleh karena itu, hal ini dianggap bid’ah dalam agama
.

 

No tags for this post.

35 COMMENTS

  1. Fatwa Mufti Arab Saudi Halalkan Pesta Hari Kemerdekaan
    Sedang pesta maulid Nabi (perayaan maulid) haram!
    ada maksud apa dengan fatwa ini?
    (saudi arabia) kerajaan islam pengusung faham bid’ah untuk menghancurkan islam

    Abdul Aziz Al Syeikh bertentangan dengan fatwa-fatwa sebelumnya yang dikeluarkan Syeikh bin Baz dan bin Utsaimin dua mufti besar Arab Saudi, untuk memenuhi permintaan Kerajaan Saudi, mengeluarkan fatwa halal pelaksanaan pesta hari kemerdekaan.
    Al Alam Rabu (19/09) melaporkan, bin Baz dan bin Utsaimin dua orang mufti besar Arab Saudi pernah mengeluarkan fatwa haram untuk pelaksanaan pesta hari kemerdekaan, dan kedua mufti tersebut menganggap pesta semacam itu sebagai bid’ah.
    Akan tetapi seperti ditulis harian Akkad, Al Syeikh mengatakan, pada hari kemerdekaan kita harus berpikir tentang segala nikmat yang telah diberikan Tuhan dengan bersyukur kepada-Nya, dan begitu juga atas nikmat keamanan yang patut kita syukuri.
    Harian ini menambahkan, Syeikh dalam pertemuan Dewan Menteri menyebut Raja Saudi, Abdullah sebagai Khadimul Haramain As Syarifain (Penjaga dua tempat suci yang mulia).
    Abdullah mengatakan, yang harus menjadi topik pembicaraan dalam pesta ini adalah nilai-nilai, akhlak baik masyarakat, kemajuan bangsa dalam berbagai bidang, kemajuan budaya dan pemikiran unggul, dan harus mentaati perintah-perintah pemerintah dan petinggi-petinggi negara untuk menunjukkan rasa nasionalisme.
    Mufti Arab Saudi memiliki kebiasaan menarik perhatian Kerajaan dengan memproduksi fatwa-fatwa. Fatwa haram melakukan unjuk rasa, keharusan diam dalam masalah para tahanan, dan menangkap orang-orang yang berdemonstrasi menentang penghinaan atas Nabi, adalah beberapa fatwa aneh yang akhir-akhir ini dikeluarkan Al Syeikh.
    Mufti-mufti Arab Saudi yang sejak lama menganggap bid’ah dan mengharamkan segala bentuk pesta dan perayaan-perayaan, termasuk perayaan hari-hari besar Islam seperti perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw atau perayaan hari pengangkatan beliau menjadi Nabi.
    Akan tetapi anehnya saat ini, demi menyenangkan petinggi-petinggi Kerajaan, mufti-mufti Saudi para syekh bukan saja tidak menganggap pesta dan perayaan-perayaan sebagai bid’ah, malah mengharuskan dilaksanakannya perayaan-perayaan tersebut. (IRIB Indonesia/HS)
    aneh bukan?
    1.hukum bisa berubah bolak balik mengikuti kata nafsu mereka.
    2. kecintaan mereka pada tanah air (penguasa) melebihi cintanya kepada nabinya
    3. pesta/ perayaanmaulid : bid’ah, pesta/ perayaan negara saudi: halal.

    PENSADUR:
    ABU VULKANIK
    JAMAAH QOHWA CEPU JAWA TENGAH

  2. Copas; Fatwa Mufti Arab Saudi Halalkan Pesta Hari Kemerdekaan
    Sedang pesta maulid Nabi (perayaan maulid) haram!
    ada maksud apa dengan fatwa ini?
    (saudi arabia) kerajaan islam pengusung faham bid’ah untuk menghancurkan islam??

    saya rasa ini yg dijadikan “dasar”nya’ jangan disamakan dengan pesta2 tersebut dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

    sangat naif sekali jika Nabi Muhammad SAW disamakan dengan Pesta Kemerdekaan suatu negara????…Masya alloh….

  3. “Lau kaana Khairan Lagabquunaa Ilaihi”

    “Kalau sekiranya perbuatan itu BAIK, Tentulah Para Sahabat Telah Mendahului Kita untuk Mengamalkannya”….

    Pernahkah setelah Nabi Muhammad SAW Meninggal dunia…di tahun2 berikutnya….oleh para sahabat-sahabat Nabi yang lebih baik iman islamnya) mengadakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ?????…

    Kalaupun pernah, adakah al qur’an & Hadist yg meriwayatkannya???..tolong sebutkan 1 saja….

  4. Eko :Coba kamu sebutkan dalil yang melarang peringatan maulid ,alasan pelarangan suatu amalan dengan alasan tidak pernah dilakukan oleh nabi dan para sahabat itu seperti yang sering di ucapkan oleh wahabi keparat bukan lah suatu dalil ,mari kita berdikusi .,..

    • pemahaman yg sampai ke sy : dr perkataan imam malik “jika perkara pada zaman nabi adalah agama maka zaman sekarang juga agama, dan perkara yg pd zaman nabi bukan agama maka sekarang juga bukan agama”

      melihat agama dari contoh nabi dan para sahabatnya, jika perkara bukan agama dilihat larangannya.
      contoh: jika kita sholat subuh 2 rakaat lihat contohnya, krn nabi melakukan itu.
      “jangan kita sholat subuh 4 rakaat, trus tnya mana larangannya dari nabi dan shabat”, karena nga ada larangannya.
      “kl kita tanya maulid, bagian agama bukan?, kl iya kita lihat ada contonhnya nga?, bukan tanya larangannya….bro.
      kl bukan agama br kita tanya larangannya ada nga…

      maaf kl ada slah slm pnulisan.

      • Nah jika demikian mas dala shalat jumatnya di tempat yang khutbahnya pake bahasa arab atau pake bahasa Indonesia?
        Karena kalo merunut ke pemahaman mas dala di atas tidak sah jumatan di mesjid yang berkhutbah pake bahasa indonesia karena itu merupakan perkara agama yang tidak pernah dilakukan oleh rasul dan sahabatnya..

        • inilah letak perbedaan pemahaman antara agama dan bukan agama,kalau perayaan maulud dikatakan agama jelas bukan karena perayaan maulud nabi tidak diwajibkan dan tidak juga ada dalili yg melarang,sebagai umat nabi muhammad apa salahnya jika kita merayakan sbg bentuk rasa syukur kita,rasa cinta kita,seperti kita merayakan hari kelahiran,hari kemerdekaan,dan hari2 besar lainnya,bagaimana kita tidak mau merayakan hari kelahiran nabi sedang kita merayakan hari kelahiran kita?
          Subchan H.Rahman Azzuhrie recently posted..Kumpulan Hadits Arba’in NawawiMy Profile

          • palingan juga bawa hadisnye yg ini mulu “wa kullu muhdatsatin bid’ah wa kullu bid’atin dholalah wa kullu dholalatin pinnar”

            sok paling bener so paling suci so paling alim, sok yakin masuk sorgee! sorge udah di booking sama kaum wahabi, diluarnye semua masuk nerake!

            awas ente wahabi makan nasi kebuli maulid, ane sumpahin ente mules 7hari 7malem..

      • Dala lo denger yah…
        Perlu anda ketahui
        Klw solat subuh dua rokaat itu sudah ada tuntunannya…
        Seperti yg sudah nabi sabdakan sholatlah kalian seperti sy sholat.
        Dan tuntunanx udah jelas klw solat subuh itu dua rokaat dan klw anda menambahkanx berarti anda telah merubah tuntunan nabi kita.
        Sementara maulid nabi besar Muhammad saw adalah sesuatu yg baru yg tidak ada dalil pelaranganx dan termasuk amal soleh yg dituntunkan oleh nabi besar kita karna dari peringatan maulid itulah kita bisa mengingat jasa nabi besar kita yg telah memperkenalkan kita kepada dinullah yaitu agama islam dan juga akan membangkitkan dan menambah rasa keimanan kita kepada salah satu rosul utusan allah yg paling dimulyakan oleh allah sampai” ALLAH sendiri dan para malaikatnya
        Bersolawat kepada nabi kita….

        Mudah””n bermanfaat

    • Mas apa betul memakan jeruk itu haram .. jika ada dalil tentang memakan jeruk itu haram tolong tunjukkan 1 saja :)

  5. SEJATINYA, SEKTE WAHABI BERTUJUAN MENJAUHKAN UMAT ISLAM DENGAN KETERIKATAN DENGAN SEMUA HAL YANG TERKAIT DENGAN KEAGUNGAN RASULULLAH SAW.

    SEPERTI: KEYAKINAN PENGIKUT WAHABI TENTANG-
    – KAFIRNYA KAKEK RASULULLAH SAW
    – KAFIRNYA AYAH DAN IBU RASULULLAH…

    SEDANGKAN DALAM MAULU NABI SERING DIULANG-ULANGI KEISLAMAN ORANG TUA DAN SELURUH JALUR MOYANG RASULULLAH SAW YANG SENANTIASA MENJADI PENYEMBAH ALLAH SWT…

    • Cinta macam apa yang kalian berikan ke Rasululullah SAW sementara kalian tidak mempercayai perkataan beliau. Padahal Nabi Muhammad bergelar “As shadiqul Amin”, orang yang jujur dan terpercaya, tidak pernah berbohong.

      Hadits/perkataan nabi:
      “Seorang lelaki bertanya: “Wahai Rasulullah, di manakah ayahku berada?” Nabi menjawab: “Di dalam neraka.” Ketika orang itu berpaling untuk pergi, Nabi memanggilnya. Lalu Nabi berkata: “Sesungguhnya ayahku dan ayahmu berada di dalam neraka.” [HR Muslim (203)]

      “Nabi SAW pergi berziarah ke kubur ibundanya. Lalu beliau menangis sehingga membuat orang-orang yang disekitarnya ikut menangis pula. Beliau berkata: “Saya telah meminta kepada Rabbku agar saya diizinkan untuk memohon ampun baginya, namun Allah tidak mengizinkanku. Saya meminta kepada-Nya agar saya diizinkan untuk menziarahi kuburnya, dan Allah mengizinkanku.” [HR Muslim (976)]

      Apakah kalian menuduh Nabi Muhammad bohong dengan mengingkari perkataannya.

      Sementara para sahabat nabi rela mengangkat pedang berjihad, menyusup ke wilayah musuh, rela disiksa demi mempertahankan ke Islamannya untuk Rasul sementara disini kebanyakan mengikuti sunnah dengan mengangkat celana di atas mata kaki (tidak isbal) saja berat, merapatkan barisan shalat saja masih ditawar, menumbuhkan jenggot saja berat, dll.

  6. SEBENARNYA KALAU DIPERHATIKAN HASIL DARI DAKWAH WAHABI SAAT INI ADALAH :

    – KERAJAAN SAUDI ARABIA
    – ALQAEDA
    – FRONT ALNUSRA
    – TALIBAN

    SEMUANYA, BERCORAK MUDAH MENGANGGAP BID’AH UMAT ISLAM LAINNYA, MENGKAFIRKAN DAN BERUJUNG HALAL MEMBUNUH MUSLIM DILUAR GOLONGANNYA.

    SUNNAH MENURUT WAHABI ANTARA LAIN:

    – MENGHANCURKAN DAN MENGGALI KUBURAN SAHABAT NABI DAN KETURUNAN NABI………
    – MENGHANCURKAN MASJID KELOMPOK MUSLIM BEDA ALIRAN

  7. BODOH DAN BEGO INI YG KELOLA WEBSITE…
    KALAU PESTA KEMERDEKAAN ITU BUKAN IBADAH KALAU MAULID NABI DIJADIKAN SYARIAT DAN IBDAH KALAU IBADAH SYARATNYA HANYA DUA, 1. IKHLAS MURNI KARENA ALLOH 2. SESUAI TUNTUNAN NABIINYA…

    ENTE MAU PESTA PERAYAAN MOYANGMU SILAHKAN SELAMA ITU BUKAN BAGIN DARI SYARIAT… ORANG YG MERAYAKAN MAULID PUNYA KEYAKIKAN BAHWA MAULID BAGIAN DARI SYARIAT DAN YG TDK MERAYAKAN MRAKA BERKEYAKINAN TIDAK CINTA ROSUL DAN BUKAN UMAT RASUL… COBA GILA NGK TUH….

  8. kenapa kelahiran anak atau hari kelahiran anda sendiri yg dirayakan tidak dikata bid’ah atau haram?? ini alasan Yahudi yg menyamar jadi wahabi untuk membuang rasa cinta kita terhadap kekasih Allah SWT mulai dari beliau lahir sampai akhirnya ISLAM tetep ada didunia gak kalian pelajari wooyi para salafi??? bukankan ISLAM diciptakan oleh Allah SWT karenamu hai Muhammad???? kenapa para ulama SAlafi /Wahabi mata sebelah kirinya pada cacat?? kenapa DAJAL yg bermata satu dikisahkan memeiliki cacat mata disebelah kiri??? apakah para ulama salafi/wahabi/pendiri wahabi Abdul Wahab masih keturunan dari Dajal?? Wallohu’alam

  9. ANE MAU TANYA ENTE DAN COBA JAWAB DENGAN JUJUR?
    1) ANTARA INDONESIA DAN SAUDI ARABIA SIAPA LEBIH ISLAMI DAN SIAPA LEBIH JAHIL.
    2) NEGARA MANA LEBIH RAMAI :-
    PENGAMAL AJARAN SESAT, SYIAH , QADIANI, DOLLY SEX TOWN, PEREMPUAN TAK TUTUP AURAT ,………..

  10. @Anas : Santai aja lagi mas Anas, menulis dengan hurus besar itu seakan akan sedang teriak/marah dan semacam dengannya. Kalau sedah begini akan susah itu bisa berdiskusi dengan ilmiah dan logis. Yang sampeyan sampaikan jadi jauh dari inti awal bahasan… dan berkembang menjadi tuduhan-tuduhan yang tidak jelas semuanya… bisa jadi malah sumber masalah perpecahan umat Islam ini.
    Sebagai sesama umat Islam alangkah indahnya kita penyampaikan pendapat atau saran dengan sopan dan santun seperti yang Rosulullah contohkan…. Semoga umat ini semakin paham dan setia untuk mengikuti apa yang Rosulullah contohkan… dan menjauhi apa yang dilarang oleh Nya..

  11. Semoga pemimpin dan ulama2 Suu negara USA-SA di hancurkan Allah, dan digantikan oleh pemimpin Imam Akhir ZAman.

  12. tinggalkan suatu perdebatan walau anda di atas kbenaran, org kafir seneng klo liat kita pda ribut. mending kita luruskan niat buat mencari kbenaran itu

  13. Kasihan dgn rosulullah,sbegitu susahnya rosul merangkul kita,mengajak kita ke jalan yg benar,malah dia sendiri diperdebatkan.wahabi sudah jelas aqidahnya melenceng.yg mensifatkan allah sama dgn sifat makhluknya.

  14. Wahabi atau aswaja kita semua bersaudara jgnlah ada yg mengkafir kafirkan .yg sesat itu yg diluar islam ,menyekutukan Allah ,menhina rasulullah,genosida terhadap umat muslim jabgan ada lagi pertentangan antara kita .bukankah Rasulullah mengatakan beda pendapat adalah rahmat.mari kita bersatu melawan serangan dari israil dari misionaris dari serngan amerika dari serangan media porno.

  15. Ass maaf saya jadi comen kang jeng rosul bersbda bahwa umatnya akan terbagi kedalam 73 golongan dan hanya satu gol ygmasuk surga tanpa hisab sisanya melalui hisab /pencucian dosa jadi intinya meninggal dalam islam dan mengesakan ALLAH dan tidak menyekutukannya dengan mahluknya dalam bentuk apapun seperti sihir, buhul,jin dll Insya ALLAH masuk surga, jadi kalo masalah ibadah kalo ada yang lebih tau dan paham dalilnya tugasnya cuma kasih peringatan, dpake atau ga jangan jadi perdebatan yang bisa memecah belah umat dan jangan jadi rasism, kita sama2 saudara seiman ingat itu

  16. wahabi tafkiri lebih mengerikan drpd komunis manapun krn itu, demi mjaga persatuan dr kebiadaban wahabi mestinya kuta harus mengusir para wahabi, agama palsu ini

  17. Teori Konspirasi Kerajaan Arab yg terkuak melalui Maulid Nabi.

    Mufti Arab Saudi berada di bawah kekuasaan Kerajaan .

    Semua Fatwanya wajib sejalan dgn Titah Raja.

    Jika Maulid di halalkan di Arab.. Maka:
    1. rakyat Arab akan ikut merayakan Maulid .
    2. Kerurunan Nabi / Habaib akan menjadi figur yg sangat di agungkan (spt di beberapa negara yg merayakan Maulid cnth Indonesia, Malaysia dsb.
    3.Lambat Laun Rakyat akan lebih menghormati Habaib dan akan memilih habaib menjadi pemimpin mereka di Arab.
    4. Keluarga kerajaan yg notebene merampas kekuasaan pd jaman kekhalifahan akan terancam tergantikan dgn keluarga Nabi (habaib).

Comments are closed.