Ditemukan, 16 Tank dan Panser Hasil Rampasan ISIS

0
502 views

tank-ISISBaghdad, LiputanIslam.com – Gerakan Perwira Bebas, sebuah organisasi yang baru di bentuk di provinsi Nineveh, Irak utara, untuk memerangi kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), menyatakan pihaknya telah menemukan tempat ISIS menyimpan belasan tank dan panser hasil rampasan mereka dari tentara Irak.

“Gerakan ini di kawasan pertanian al-Islah di barat Mosul telah menemukan tempat penyimpanan 16 tank dan kendaraan lapis baja yang telah dicuri dari tentara pada Juni lalu,” ungkap Arkan Sultan, anggota gerakan tersebut, sebagaimana dilansir al-Sumaria Selasa (16/9).

Sultan mengatakan bahwa kawanan ISIS mulai kabur meninggalkan pusat kota Mosul ke kawasan pinggiran.

“Kami telah mendapat informasi penting bahwa di situ terdapat 13 tank dan kendaraan lapis baja serta sejumlah mobil militer jenis Hummer yang telah dicuri setelah tentara mundur pada Juni lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, sebuah sumber dari provinsi Salahuddin melaporkan kepada al-Sumaria bahwa telah jatuh korban tewas dan luka sebanyak puluhan orang di pihak ISIS akibat ledakan di salah satu gedung di komplek istana negara di pusat kota Tikrit.

“Sebuah ledakan besar terjadi hari ini di salah satu istana al-Majma’ al-Ri’asi di pusat kota Tikrit ketika kawanan ISIS sedang dalam proses untuk meledakkannya, mengakibatkan puluhan orang di antara mereka tewas dan luka serta istana itu hancur total,” ujar sumber tersebut Senin (15/9).

Sumber yang meminta namanya tidak dipublikasikan itu menambahkan bahwa ledakan itu sangat dahsyat hingga menimbulkan suara yang terdengar ke semua penjuru kota Tikrit.

Laporan lain menyebutkan bahwa di hari yang sama sebuah bom yang dipasang di sisi jalan di kawasan al-Mushahadah di bagian utara Baghdad meledak mengakibatkan satu tentara Irak tewas dan tiga lainnya menderita luka-luka.

Seperti diketahui, situasi Irak genting setelah bagian utara negara ini diserbu ISIS dan beberapa wilayah di sana jatuh ke tangan ISIS sejak 10 Juni lalu. Hingga kini tentara Irak dan pasukan Kurdi Irak, Peshmerga, serta kelompok-kelompok relawan terus berjuang menumpas ISIS yang tersebar di provinsi Nineveh dan Salahuddin, serta melanjutkan operasi militer di provinsi Anbar yang sejak sebelumnya telah menjadi tempat persembunyian ISIS. (mm)


Mari share berita terpercaya, bukan hoax
sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS