Diburu Pasukan Kurdi, 35 Anggota ISIS Tewas di Suriah

0
969 views

pasukan-kurdi-YPG pasukan-kurdi-YPGBeirut, LiputanIslam.com – Pasukan Kurdi di Suriah dilaporkan telah menggempur kawanan teroris takfiri Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kawasan barat Ain al-Arab (Kurdi: Kobane), bagian timur laut provinsi Aleppo hingga menjatuhkan korban tewas sebanyak hampir 50 orang yang sebagian besar adalah anggota ISIS, Rabu (29/7).

Mengutip laporan Lembaga Pengawas HAM Suriah,Middle East Online Kamis (31/7) memberitakan bahwa telah terjadi kontak senjata sengit antara Unit-Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dan militan ISIS di Ain al-Arab hingga menewaskan 14 anggota YPG dan 35 anggota ISIS. Selain itu, puluhan orang dari kedua pihak juga menderita luka-luka.

Kini situasi di sana dilaporkan sudah tenang setelah YPG berhasil mendesak milisi ISIS serta merebut beberapa posisi ISIS di sejumlah wilayah perbukitan.

Belakangan ini ratusan petempur Kurdi menerobos masuk dari wilayah Turki ke wilayah Suriah dengan tujuan ikut memerangi dan menumpas ISIS.

Di bagian lain, kelompok adat Shaitat di bagian timur provinsi Deir Ezzor yang sebagian besar wilayahnya dikuasai ISIS juga terlibat pertempuran dengan ISIS, mengakibatkan lima anggota ISIS, satu diantaranya warga negara Belgia, tewas.

Kontak senjata pecah antara kedua pihak setelah ISIS menangkap tiga anggota suku Shaitat, yang berarti pelanggaran terhadap perjanjiannya dengan suku yang menempati wilayah sepanjang tiga desa Abu Hammam, Kashkiyeh dan Gharnij tersebut. Sesuai perjanjian itu, Shaitat tidak akan melawan ISIS selagi ISIS tidak mengganggu atau menyerang anggota Shaitat.

Beberapa anggota Shaitat belum lama ini memposting tulisan di Twitter: “Shaitat bangkit melawan ISIS.” Mereka juga mengunggah rekaman video pengarakan mayat anggota ISIS oleh ratusan masyarakat adat Shaitat. (mm)


Mari share berita terpercaya, bukan hoax
sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS