Banser Siap Hadang ISIS

0
639 views

umarDr. Umar Usman, salah satu pengurus Banser Jawa Timur (Foto: Achmad Tauchit/MT)

MALANGTIMES – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) siap menghadang keberadaan Islamic State Iraq of Syria (ISIS) di wilayah Indonesia. Pihak Banser juga merasa kecolongan terkait isu dengan adanya ISIS terutama yang ada di daerah Malang. “Apalagi di wilayah Malang ISIS sempat tersebar isu digunakan lokasi deklarasi ISIS,” ujar Dr. Umar Usman, salah satu pengurus Banser Jawa Timur.

Sebetulnya Banser sudah tidak sabar untuk melakukan tindakan. Namun beruntung pihak keamanan dalam hal ini TNI/Polri sudah terlebih dahulu menangani Sebab Banser, kata Umar, juga tidak terima jika ISIS menamakan diri sebagai gerakan Islam. Padahal islam sendiri tidak ada gerakan radikal.

“Gerakan radikal mereka yang diperjuangkan hanya sebagai topeng idealism. Itu bukan islam dalam arti yang sebenarnya. Mereka berlindung saja dibalik nama Islam,” katanya.

Oleh karena itu gerakan mereka perlu dilawan. Bahkan jika memang ISIS melakukan gerakan radikal diIndonesia, maka Banser mengaku siap menghadang. Umar sendiri mengatakan, Banser telah mempersiapkan anggotanya di wilayah masing-masing untuk menjaga situasi agar tetap kondusif.

“Gerakan yang dilakukan ISIS itu mengatakan bahwa apa yang dilakukan itu adalah jihad. Namun jihat yang mereka lakukan itu merupakan jihat palsu,” katanya lagi.

Oleh karenanya apa yang tampak dipermukaan berupa simbol-simbol islam, belum tentu sama dengan yang di dalam keinginan sejati mereka. “Banser meragukan gerakan mereka bagian dari islam dan Banser tidak mau terpancing dengan apa yang dilakukan,” ujarnya. (hit)

 

Sumber : http://malangtimes.com/berita/06092014/7242/banser-siap-hadang-isis.html

NO COMMENTS