Ancaman Ekstrimis Indonesia Jebolan Suriah

0
481 views

Ancaman Ekstrimis Indonesia Jebolan SuriahAncaman Ekstrimis Indonesia Jebolan Suriah

http://www.islamtimes.org/vdcds50sjyt0o96.lp2y.html

Dalam sebuah laporan yang dirilis Institute for Policy Analysis of Conflict yang berbasis di Jakarta beberapa hari lalu, sejumlah warga Indonesia ditengarai telah bergabung dengan ribuan pemberontak asing di Suriah.

Mereka bertolak ke sana, selain membantu kelompok ekstrimis takfiri mendirikan Negara Islam, juga untuk menghidupkan kembali gerakan teror yang mulai kendur dan menyiapkan serangan lebih gencar ke kalangan Syiah di kawasan Asia Tenggara.

Para jihadi Indonesia dapat dengan mudah terbang dengan maskapai penerbangan komersial ke Turki, di mana Ahrar al-Sham, salah satu kelompok jihadi yang melawan Presiden Bashar al-Assad, membantu mereka melintasi perbatasan menuju Suriah. Sejumlah ekstrimis Indonesia juga terhubung dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), kelompok garis keras yang berafiliasi dengan al-Qaeda. Para jihadi ekstrimis itu memandang pertempuran di Suriah sebagai ?universitas pendidikan jihad?.

Keterlibatan para jihadi Indonesia di Suriah menjadi semakin menonjol setelah tewasnya seorang ekstrimis asal Kalimantan tahun lalu yang bernama Riza Fardi. Kematiannya diumumkan pada 28 November lewat akun Twitter kelompok bersenjata Suquor al-Izz Brigade, tempat Riza bergabung selama ini. Riza merupakan alumnus pesantren al-Mukmin, Jawa Tengah, yang selama ini menghasilkan banyak teroris dan didirikan Abu Bakar Bashir yang sekarang meringkuk di penjara dengan tuduhan terorisme.

Menurut pendiri Institute for International Peace Building, Noor Huda Ismail, ?Pada level mikro, kebanyakan warga Indonesia yang pergi ke Suriah?entah untuk bertempur atau terlibat dalam aksi-aksi kemanusiaan?akan menceritakan pengalaman mereka saat pulang dan mendorong yang ain untuk mengikuti langkah mereka,? lanjutnya. (NYT/aspistrategist/IT)

NO COMMENTS