Al-maliki: Wahhabi Saudi Akar Penyebab ISIS

0
511 views
Nouri al-Malik - Iraqi Vice President.jpg Islam Times - Wakil presiden Irak dan mantan perdana menteri, Nouri al-Maliki, mengatakan ideologi "ekstremis dan rasis Wahhabi Saudi” adalah akar penyebab teroris Takfiri ISIS, Press TV melaporkan.
Nouri al-Malik - Iraqi Vice President.jpg   Islam Times - Wakil presiden Irak dan mantan perdana menteri, Nouri al-Maliki, mengatakan ideologi "ekstremis dan rasis Wahhabi Saudi” adalah akar penyebab teroris Takfiri ISIS, Press TV melaporkan.
Nouri al-Malik – Iraqi Vice President.jpg
Islam Times – Wakil presiden Irak dan mantan perdana menteri, Nouri al-Maliki, mengatakan ideologi “ekstremis dan rasis Wahhabi Saudi” adalah akar penyebab teroris Takfiri ISIS, Press TV melaporkan.

Dalam wawancara eksklusif dengan Press TV, Nouri al-Maliki menambahkan teroris Takfiri ISIS yang memecah belah Muslim Syiah dan Sunni adalah gagasan Saudi Wahhabi.

Menunjuk dukungan asing untuk para teroris ISIS, “Arab Saudi, Qatar, dan Turki mendukung teroris di Suriah dan Irak,” lanjutnya.

Maliki menambahkan Turki salah satu negara yang ikut campur dalam masalah dalam negeri Suriah, Irak, Mesir dan Libya. Dan Turki kini menghadapi konsekuensinya dalam situasi internalnya sendiri, ujar dia.

Maliki memuji peran Iran dalam perkembangan regional baik di bidang ideologi, politik dan ekonomi. Di mata Maliki, Republik Islam berperan utama dalam pelestarian batas geografis daerah.

Maliki juga mengatakan keamanan hanya dapat dibentuk lewat upaya intelijen dan menggerakkan tentara di darat.

“AS tidak bisa membombardir terorisme,” katanya menunjuk kegagalan pasukan koalisi.

“Koalisi AS ini punya satu masalah: tidak berlandas pada keputusan internasional dan persetujuan parlemen Irak; hanya didasarkan pada perhitungan politik yang akan terkuak dimensinya di masa depan,” kata Maliki.[IT/r]

 

Sumber : Islam Times

No tags for this post.

NO COMMENTS