75 Anggota ISIS Tewas, Pasukan Irak Temukan Senjata Buatan Israel

0
900 views

operasi-irakBaghdad, LiputanIslam.com – Sedikitnya 75 anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), satu di antaranya pria yang dianggap sebagai amir untuk wilayah Sharqat, tewas di tangan pasukan Irak Senin kemarin (11/8). Dari beberapa teroris asing yang tewas pasukan keamanan Irak menemukan beberapa senjata buatan Israel.

Sebagaimana dilansir Alalam, sumber keamanan Irak dalam siaran persnya menyatakan, pasukan udara Irak telah menggempur sebuah tempat konsentrasi ISIS tepat ketika mereka sedang menggelar parade di dekat pasar Sharqat, mengakibatkan 45 teroris tewas yang beberapa di antaranya adalah warga negara Arab asing dan tujuh unit mobil bak terbuka mereka hancur. Sumber itu menambahkan bahwa satu di antara puluhan teroris yang tewas adalah pria yang memiliki julukan Syekh Khalid al-Haj yang dianggap ISIS sebagai amir wilayah Sharqat.

Militer Irak menyatakan pihaknya terus bergerak maju di provinsi Salahuddin dan membebaskan beberapa kawasan baru dari cengkraman ISIS setelah berhasil membunuh puluhan anggota kelompok pemuja kekerasan tersebut. Militer Irak bergerak maju dari kawasan Makishifa hingga kawasan Ain al-Faras di sebelah barat kota Tikrit, provinsi Salahuddin. Sebagian besar kawasan Ain al-Faras kini sudah dikuasai pasukan Irak dan ini akan menjadi titik tolak pembebasan kota Tikrit dari kawanan ISIS lainnya.

Sementara itu, sumber keamanan Irak wilayah Operasi Babil menyatakan pasukan keamanan Irak yang didukung relawan terlibat kontak senjata melawan ISIS di bagian utara provinsi Salahuddin, mengakibatkan 20 warga negara asing anggota ISIS tewas. Dalam peristiwa ini pasukan Irak berhasil menemukan dan menyita beberapa senjata mereka yang diketahui sebagai buatan Israel, namun belum ada keterangan lebih jauh tentang temuan tersebut.

Sumber lain dari provinsi Nineveh kepada al-Sumaria News mengatakan sebanyak 10 anggota ISIS terbunuh dalam kontak senjata dengan pasukan Kurdi Irak, Peshmerga, di distrik Makhmur, 80 kilometer tenggara Mosul, dan kawasan ini sekarang berhasil dibebaskan sepenuhnya dari keberadaan teroris ISIS.

Di kawasan Jurf al-Sakhar, 60 kilometer barat daya Baghdad, pasukan keamanan Irak juga berhasil menghabisi beberapa anggota ISIS dalam sebuah operasi, tapi tidak disebut jumlahnya secara persis.

Di bagian lain, Kepala Distrik Jalawla di provinsi Diyala, Ahmad al-Zarkashi, kepada kantor beritaAnadolu mengatakan bahwa ISIS telah menggunakan penduduk setempat sebagai tameng manusia di depan serangan udara pasukan Irak.

“Para anggota ISIS telah menahan penduduk setempat setelah mereka menguasai kawasan sekitar Jalawla. Mereka melarang penduduk keluar dari kawasan itu dengan tujuan mencegah serangan pasukan udara Irak terhadap posisi-posisi ISIS,” ujar al-Zarkashi. Dia mengaku sering menerima telefon dari penduduk setempat yang meminta supaya segera dilakukan tindakan untuk menyelamatkan jiwa mereka.

Menurutnya, pasukan keamanan bersama kelompok-kelompok adat akan segera melakukan tindakan untuk membebaskan kawasan tersebut beserta seluruh penduduknya yang sedang disandera oleh kawanan ISIS. (mm)


Mari share berita terpercaya, bukan hoax
sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS