29 Militan ISIS Tewas di Irak

0
846 views

Iraq tells UN ‘terrorist groups’ seize nuclear materialBaghdad, LiputanIslam.com – Tentara Irak masih bergerak memerangi militan ekstrimis bersenjata. Dilaporkan bahwa sedikitnya 29 militan tewas dalam kontak senjata dengan tentara Irak, tapi di saat yang sama dilaporkan pula bahwa sebuah landasan pacu di sebuah pangkalan di sebelah utara Tikrit jatuh ke tangan militan.

Al-Sumaria memberitakan bahwa Juru Bicara Komando Militer Baghdad, Brigjen Saad Maan, Kamis (17/6) mengatakan 19 militan anggota kelompok Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS), dua di antara berstatus “emir”, tewas di tangan pasukan Irak dari Divisi 6. Selain itu, beberapa kendaraan mereka juga hancur di kawasan Shurtan, sebelah barat kota Baghdad.

Di hari yang sama kelompok bersenjata tak dikenal telah menculik imam masjid jami’ al-Hossein di kawasan Baladiat, sebelah timur Baghdad. Selain itu, lima warga sipil tewas dan 19 lainnya cidera akibat ledakan bom bunuh diri di kawasan Shurjah, pusat kota Baghdad.

Di hari itu pula, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak, mengumumkan militer Irak berhasil membebaskan kawan Albu Hadid al-Naser yang berbatasan dengan distrik al-Karmah, Provinsi Anbar, dalam sebuah operasi yang menewaskan 10 militan dan menghancurkan beberapa kendaraan mereka.

Kemhan Irak menyatakan, “Kawasan itu sudah dibebaskan sepenuhnya. Kini masih berlanjut upaya-upaya teknis untuk menangani bahan-bahan peledak dan rumah-rumah yang dipasangi bom. Kawasan itu sebelumnya digunakan oleh para teroris untuk menyerang kendaraan-kendaraan militer dan jalur pertolongan dari Haidan menuju kota Ramadi.”

Di bagian lain, sumber keamanan di provinsi Salahuddin menyatakan kawanan bersenjata ISIS telah menguasai landasan pacu pertama di Pangkalan Subaikar di utara kota Tikrit.

“Kawanan bersenjata ISIS dalam jumlah besar telah menyerang Pangkalan Sabaikar di utara Tikrit dari dua arah, pertama dari gerbang pangkalan utama, kedua dari gerbang barat pangkalan. Mereka berhasil menguasai landasan pacu pertama yang ada di dalam pangkalan,” ujar sumber tersebut. Dia menambahkan bahwa dua unit pesawat rusak terkena peluru mortir, namun pesawat itu sudah usang dan tak berfungsi.

Beberapa saat sebelumnya, sumber keamanan itu mengatakan beberapa helikopter militer Irak berhasil menyerang mereka hingga jatuh korban tewas sebanyak 20 orang di antara mereka ketika mereka berusaha menguasai pangkalan tersebut. Namun rupanya mereka terus bergerak dengan jumlah pasukan yang lebih besar hingga berhasil menguasai landasan pacu tersebut. (mm)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS