Di Tel Afar, Milisi ISIS Mundur Setelah Kehilangan 300-an Anggotanya

0
856 views

irak-tentara-bertempur

Di Tel Afar, Milisi ISIS Mundur Setelah Kehilangan 300-an Anggotanya

 

Baghdad, LiputanIslam.com – Otoritas keamanan Irak menyatakan bahwa operasi militer yang dilancarkan tentara Irak di distrik Tel Afar, Irak utara, sepanjang Senin kemarin (16/6/2014) telah merenggut lebih dari 300 militan anggota kelompok ekstrim Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Hal tersebut oleh sebuah sumber keamanan Irak yang meminta tidak disebutkan namanya kepada lembaga pemberitaan al-Sumaria. Menurut sumber itu, pasukan keamanan berhasil mencapai kemajuan besar di distrik Tel Afar, dan milisi ISIL mulai mundur dari distrik ini setelah kehilangan lebih dari 300 anggotanya.

Sebelumnya, di hari yang sama komandan pasukan keamanan distrik Tel Afar, Mayjen Abu al-Walid, menyatakan pihaknya terus menggempur milisi ISIL serta memastikan bahwa distrik itu akan segera bebas dari cengkraman ISIL dalam beberapa jam ke depan.

Hari itu pula, sebagaimana pernah diberitakan, lebih dari 200 anggota ISIS tewas digempur pasukan Irak ketika ratusan gerilwayan itu sedang melakukan parade di wilayah utara Fallujah. Selain itu, di provinsi Salah al-Din, tentara Irak bersama pasukan adat berhasil membunuh sekitar 80 militan, dan di utara Baghdad tentara juga berhasil menghabisi 10 kawanan bersenjata.

Situasi keamanan di Irak genting menyusul serbuan militan ISISI terhadap Mosul, provinsi Ninawa, 10 Juni lalu. Kota ini bersama seluruh wilayah provinsi itu sempat jatuh sepenuhnya selama beberapa hari ke tangan ISIS. Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengumumkan status siaga penuh, ratusan ribu penduduk mengungsi, para ulama dari semua mazhab menyerukan fatwa jihad melawan ISIS, dan tentara Irak bersama ribuan relawanpun bangkit untuk menumpas ISIS. Hingga kini tentara Irak dan ribuan relawan terus bertempur untuk membebaskan beberapa kawasan yang masih dikuasai ISIS di bagian utara Irak. (mm/alsumaria/alalam)

 

sumber : http://liputanislam.com/

NO COMMENTS