Arab Saudi Beli Pesawat Tempur dari AS dan Israel

0
2,774 views

pesawat-jet-f-15Lihatlah bagaimana Arab Saudi membeli pesawat tempur dari AS dan Israel senilai ratusan trilyun rupiah. Bahkan jika ditotal bisa ribuan trilyun rupiah?

Untuk apakah senjata itu digunakan? Apakah untuk menyerang AS dan Israel? Tidak mungkin bukan? Lalu untuk menyerang siapa?

Saudi Beli Pesawat F-15 AS Senilai US$ 30M

Transaksi ini disebut AS tidak akan mengancam Israel.
Jum’at, 30 Desember 2011, 07:55 Bayu GalihVIVAnews – Pemerintah Amerika Serikat mencapai kesepakatan dengan Pemerintah Arab Saudi untuk pembelian puluhan pesawat jet F-15. Kesepakatan AS – Saudi ini dengan transaksi yang nilainya hampir sebesar US$ 30 milyar.

Dengan kesepakatan US$ 29,4 milyar, Saudi meminta produksi pesawat F-15 SA sebanyak 84 unit. Selain itu, kesepakatan juga mencapai untuk melakukan modernisasi sebanyak 70 unit pesawat F-15s yang sudah dimiliki Saudi.
“(Kesepakatan) juga termasuk amunisi, suku cadang, pelatihan, perawatan, dan logistik,” kata Asisten Menteri Dalam Negeri bidang Politik-Militer AS, Andrew Shapiro, seperti dikutip dari laman CNN.

http://dunia.news.viva.co.id/news/read/275948-saudi-beli-pesawat-f-15-as-senilai-us–30m

Arab Saudi Beli 84 Pesawat Tempur Dari AS

Algooth Putranto

Kamis, 29 Desember 2011 | 10:24 WIB

JAKARTA: Kalau Indonesia kebagian F-16 bekas, maka untuk Arab Saudi Amerika Serikat sepakat menjual 84 pesawat tempur baru termasuk memperbaharui 70 pesawat dengan anggaran senilai US$30 miliar.

Seperti dikutip dari harian milik Partai Komunis China, People Daily, sumber pemerintahan AS mengkonfirmasi berita tersebut namun menyatakan detail penjualan tidak bisa diberikan dengan alasan rahasia.

Setahun lalu, pemerintah AS terlibat pembahasan dengan Kongres untuk perjanjian jual beli senjata dengan Arab Saudi berdurasi 10 tahun senilai US$60 miliar yang termasuk diantaranya F-15, helikopter dan rudal jarak jauh, bom, radar hingga alat penglihatan malam.

Tahun lalu diketahui Menteri Pertahanan Arab Saudi Putra Mahkota Sultan Bin Abdul Azis sendiri telah mendukung pembelian tambahan sedikitnya dua skuadron F-15 dengan nilai kontrak dapat mencapai US$5 miliar dolar.

Tercatat Angkatan Udara Arab Saudi mengoperasikan sekitar 150 F-15 yang dibeli pada tahun 1970-an dan 1990-an namun Riyadh berencana mengembangkan versi siluman F-15E.

http://www.bisnis.com/articles/arab-saudi-beli-84-pesawat-tempur-dari-as

Beginilah Cara Israel Kendalikan Arab Saudi

Pesawat Tanpa Awak (UAV) Buatan Israel

Pesawat Tanpa Awak (UAV) Buatan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, Sumber-sumber pemberitaan Lebanon mengkonfirmasikan kontrak militer senilai 127 juta dolar antara Arab Saudi dan rezim Zionis Israel serta pembelian tujuh pesawat mata-mata Israel.

Kantor Berita Mehr News melaporkan, televisi al-Manar Lebanon mengutip lembaga-lembaga militer yang meneliti soal persenjataan di Timur Tengah mengumumkan bahwa terjadi peningkatan nilai kontrak pembelian senjata antara negara-negara sekitar Teluk Persia dengan Amerika dan Eropa.

Berdasarkan laporan ini, data statistik yang ada menunjukkan bahwa antara bulan Juli 2011 hingga Juli 2012 terjadi lonjakan drastis pembelian senjata oleh negara-negara Arab, sekitar Teluk Persia, khususnya Arab Saudi.

Dalam laporan ini juga disebutkan mengenai persaingan ketat perusahaan-perusahaan Eropa, Amerika dan Israel untuk menjual senjata dan peralatan militer ke negara-negara sekitar Teluk Persia.

Di bagian lain dari laporan ini menyebutkan, Arab Saudi membeli 7 pesawat mata-mata tanpa awak dari perusahaan-perusahaan Israel yang nilainya mencapai 127 dolar.

Jumlah sebesar itu belum termasuk pelatihan dan perawatan, sementara satu orang instruktur khusus dari perusahaan Israel bertanggung jawab untuk melatih sumber daya manusia Arab Saudi untuk mengendalikan pesawat-pesawat tanpa awak ini.

Artinya, tanpa perlu banyak diketahui publik, tangan-tangan Israel sudah merambah jauh ke dalam kerongkongan pemerintah Arab Saudi

http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/08/03/m85gcf-beginilah-cara-israel-kendalikan-arab-saudi

 

Wow! Arab Saudi Beli Jet Inggris Rp 27 Triliun

Rita Uli Hutapea – detikNews
Riyadh, – Kementerian Pertahanan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan pembelian bernilai fantastis dengan Inggris untuk membeli jet-jet latih, yang akan digunakan oleh Angkatan Udara Saudi. Tidak tanggung-tanggung, nilai pembelian tersebut mencapai US$ 3 miliar (sekitar Rp 27,7 triliun)!

Dalam kesepakatan pembelian tersebut juga mencakup simulator, peralatan pelatihan dan darat serta suku-suku cadang. Demikian disampaikan seorang pejabat Kementerian Pertahanan Saudi seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (23/5/2012).

Dikatakan pejabat yang tidak disebutkan namanya itu, jet-jet baru tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan pilot-pilot Saudi “untuk menggunakan jet-jet tempur generasi keempat dengan penuh profesionalisme dan efisiensi.”

Menteri Pertahanan Saudi Pangeran Salman bin Abdul Aziz pada April lalu melakukan lawatan ke Inggris terkait kesepakatan pembelian tersebut. Inggris merupakan pemasok besar senjata bagi kerajaan kaya minyak tersebut.

Pada tahun 2006 lalu, Saudi memesan 72 jet tempur Eurofighter Typhoon dalam kesepakatan pembelian senilai US$ 32,9 miliar. Pesawat multifungsi tersebut dirancang oleh konsorsium firma-firma Eropa di mana perusahaan Inggris, BAE Systems memiliki 33 persen saham.
(ita/vta)

sumber: http://news.detik.com/read/2012/05/23/162123/1923002/1148/?992204topnews

NO COMMENTS